logo
Rabu, 03 Oct 2018 | 13:06

Andalkan Sokbreker RCB, Trio Ravens15 Raih Prestasi di Yamaha Endurance Festival

Penulis : W.S Aries
img1

Ravens15 lebih yakin disuport Shockbreker Racing Boy Type S-Line

otowheel.id - Bikers bisa ambil pelajaran dari penampilan tim komunitas Ravens15 di gelaran Yamaha Endurance Festival (YEF) 2018. Di balap ketahanan yang digelar minggu (30/09) lalu itu, mereka tidak hanya perkuat stamina motor dan para joki. Yang tak kalah pentingnya, 3 pasangan tim asal Tangerang Selatan ini menyetel kuda besi Yamaha R15 seperti sedan mewah, saat digeber selama 1 jam di sirkuit Sentul.

Diperkuat 3 joki berpengalaman dari kategori Communitas A Yamaha Sunday Race (YSR), Radityo Wibisono, Reza Reinaldy dan Dzakhwan Roofied, bertugas menyetel suspensi. “Balap ketahanan itu, kayak kita lagi touring jauh. Suspensi penting biar motor lebih nyaman dipacu, stabil. Jadi joki nggak cepat capek,” buka Imam Fajarie, yang jadi tandem Radityo yang lebih berat.

Makanya, untuk peredam kejut substitusi, tim Ravens15 percaya keandalan sokbreker belakang lansiran RCB, alias Racing Boy. Dipilih tipe S-Line yang sudah dilengkapi penyetel rebound model click. “RCB S-Line, modelnya tanpa tabung, sesuai regulasi kelas komunitas di YSR. Tapi, sudah dilengkapi penyetel cepat-lambatnya rebound. Ini sudah cukup untuk menjaga kestabilan di tiap tikungan,” timpal Roofied. Ia berduet dengan Agung Nugroho yang berpostur besar.

RCB S Line, 14mm Piston For Better Damping & Stability

 

Bobot yang berbeda antar pasangan Ravens15 pun tidak menjadi masalah. Meski RCB model S-Line tanpa penyetel kompresi, kekerasan per bisa diatur lewat pre-load dengan memuntir penahan per. “Yang penting, kita sudah atur pre-load-nya, sesuai bobot rata-rata (para joki, red). Cepat-lambatnya kompres pun bisa diatur lewat situ,” sambung Reza yang berpasangan dengan Naufal Ali yang lebih ringan.
Balap ketahanan dengan sistem berpasangan juga diuntungkan sistem penyetelan di sokbreker RCB S-Line. Terbukti, Reza dan Agung yang lebih butuh pre-load keras, dapat cepat memuntir penahan per selama jeda 2,5 menit di pit box. “Jujur, performa kami selama balap terbantu sokbreker RCB, yang gampang ubah setelannya,” komentar Reza yang mahasiswa semester 5 Universitas Siliwangi Tasikmalaya itu.

Jawara-jawara yang mendominasi kelas 150cc Community Di YEF 2018 Sentul

 

Yang menarik, pengakuan Agung yang terbiasa touring bersama komunitasnya. “Saya dapat arahan supaya membuat balapan ketahanan ini seperti lagi touring. Supaya dibuat senyaman mungkin. Dan saya merasa, motor saya nyaman dengan sokbreker RCB,” ungkap Agung.
Silakan dipetik ilmunya! ***

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Top Article

logo1

Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A
Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
logo1

logo1

Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A
Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]e.com
Facebook
Twitter
logo1