logo
Rabu, 21 Oct 2020 | 19:48

Untung Ruginya Ubah Panjang Bracket Linkage Prolink

Penulis : well - Editor : Wielly Sonata
img1

Otowheel.id – Memodifikasi komponen bawaan pabrikan pastinya akan menimbulkan pengaruh baru buat kinerja mesin ataupun kinerja komponen tersebut.

Katakan seperti system suspensi pada Kawasaki KLX ini yang mengadopsi gaya Pro Link, Karena tujuan-tujuan tertentu kita mengubah salah satu komponennya, seperti bracket Linkage Prolink-nya.

Kenapa kita ubah, salah satu sebab, misalnya sang rider nya memiliki tinggi badan yang kurang proporsional, maksudnya ketika doi mengendarai KLX-nya telapak kaki doi ngga napak alias ngegantung, hal ini bisa membuat rider kesulitan saat motor statis/diem.

Ngerubah diameter ban, ngga mungkin karena motor untuk naik-turun gunung, mendekin shock depan juga ngga mungkin karena butuh travel shock yang memadai, akhirnya timbul ide untuk menurunkan bagian buritan motor dengan ngerubah system suspensi belakangnya, yaitu system Prolink-nya.

Caranya dengan merubah jadi lebih panjang bracket linkage –nya, seperti di gambar, tujuannya untuk membuat lebih rendah bagian belakang jadi telapak kaki rider bisa nyentuh sedikit ke tanah.

Tapi ada resikonya dengan ngerubah system Prolink tersebut, akhirnya kerja Shockbreker-nya jadi extra keras/berat karena lengan gayanya jadi lebih panjang, dan yang perlu diperhatikan shockbrekernya akan menjadi lebih cepat melemah, ya karena kerjanya jadi lebih keras.

Nah ini mengakibatkan umur shockbrekernya  jadi lebih pendek jika dibanding dengan system murni kerja Prolink-nya.

Akhirnya keputusan ditangan anda, rider masing-masing. Nguber supaya dapet kaki napak ke tanah dengan mengorbankan umur shock jadi lebih pendek atau tetap njinjit tapi umur shockbreker jadi lebih panjang seperti standart bawaan  pabrikan.

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Top Article

logo1

Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A
Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
logo1

logo1

Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A
Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
logo1