logo
Rabu, 06 Jun 2018 | 18:05

Bengkel Bubut Ini, Pasiennya sampe Luar Negeri Loch.

Penulis : Wielly Sonata
img1

sebagai pembanding, klep yang atas aslinya (22mm) dan yang bawahnya hasil ubahan (36mm)

Depok - Masih dalam rangka mengenang Maestro Tuner Indonesia Alm' Benny Djatiutomo yang menjadi Pioner memodifikasi Silender Head motor 4-Tak dengan cara mengubah sudut klepnya. 

Tujuan ngerubah sudut klep ini agar pada saat overlap klep ngga tabrakan lantaran  diameter klepnya sudah dibesarkan dari ukuran standartnya.

Ya, pastinya kita masih inget dengan silinder head yang dipake oleh Hokky "Duck" Krisdianto era 2005-an, yang mengantarkannya menjadi juara Nasional kelas Underbone Indonesia.

Benny Djatiutomo kirim silinder head tersebut ke negara Swedia demi bentuk yang diinginkan sesuai itungan dan setingan yang diinginkannya.

Pada saat itu, silinder head tersebut menjadi bahan pembicaraan seluruh mekanik Indonesia, karena merubah pakem yang ada dari pabrikan.

Selain itu biayanya yang glekkk membuat air liur kita ketelen, kabarnya dulu sampai 20 jutaan lebih, ngerubah headnya doank, sangar kan, tapi hasilnya sangat mumpuni di kancah balap.

Nah dari taon 2005 tersebut lah mulai semarak bengkel bengkel bubut tanah air berusaha dan menerima orderan ngerubah sudut klep dengan mengacu pada head Benny, pastinya biayanya menjadi lebih murah.

ORDERAN BUBUTNYA SAMPE MANCANEGARA

Salah satunya bengkel bubut IKI 88 yang bermarkas di Jalan Abdul Ghani 1, Ruko Hasanudin Depok ini, di bengkel bubut yang sederhana ini telah banyak menghasilkan silinder-silinder head ubahan, ya seperti yang dulu milik Om Benny, silinder head Swedia.!

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Top Article

logo1

Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A
Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
logo1

logo1

Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A
Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
logo1