logo
Selasa, 02 Oct 2018 | 11:51

Trik Ala MacGyver : Menghidupkan Kembali Busi Yang Mati.!

Penulis : Wielly Sonata
img1

Atasi Busi Mati Saat Di Jalan

otowheel.id - Bagi para bikers pembesut motor 2-Tak khususnya dan penyemplak motor pada umumnya, jika suatu saat sedang touring dan dalam keadaan darurat, busi motor bradr mati alias tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga mesin juga Off, ngga usah bingung apalagi baper.

Gejala awal busi mau mampus bisa dilihat dari mesin yang kinerjanya brebet-brebet atau nembak-nembak dan juga kalau pagi sulit sekali dihidupkan, kudu beberapa kali di e-starter atau kick starter hingga ruang bakar cukup hangat baru mesin On.

Nah gejala tersebut di atas mengindikasikan busi sudah setengah modar, bentar lagi bakal sama sekali mesin ngga mau dihidupkan. 

Busi mati ini sering dihadapi oleh mesin-mesin 2-Tak, kenapa, ya karena sistem bahan bakarnya menggunakan oli samping, oli yang dicampur dengan bensin untuk pelumasan dalam ruang mesin, ngga seperti mesin 4-Tak, bahan bakarnya murni bensin, pelumasan ruang bakarnya terpisah dengan pelumasan mesinnya.

Namun demikian ya mesin 4-Tak juga kerap kali alami busi mati juga.

JIka bradr alami saat touring atau sedang dalam perjalanan busi mesin bradr mati dan jauh dari bengkel, ini yang bisa bradr lakukan.

Lepas busi dari silinder head, taruh di kunci busi bradr, ketok Isolator (keramik) yang ada di dalam kepala busi hingga pecah dan menyisakan elektroda tengahnya saja. Ketok atau hancurkan Isolator businya pakai apa saja, bisa pakai paku, obeng atau lainnya.

Isolator busi di pecahkan semua, tinggal Elektroda tengahnya saja

 

Setelah Isolatornya kita buang pasang kembali busi tersebut ke mesin kita, jangan lupa atur gap (celah busi) kembali seperti awalnya sekitar 1mm atau kalo mau alat ukur ala MacGyver pake tutup rokok Gudang Garam Filter (Tebel kertasnya), masukkan ke celah busi kira-kira seret kalau tutup rokok tersebut kita tarik. 

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Top Article

logo1

Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A
Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
logo1

logo1

Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A
Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
logo1