Electric Starter Jupiter MX Old (2006) bermasalah ? ini Solusinya.!

- Selasa, 30 Maret 2021 | 14:31 WIB
Ruangan Brush Starter yang sudah kotor  (W.S Aries)
Ruangan Brush Starter yang sudah kotor (W.S Aries)

Otowheel.id -  Berikut Tips trik untuk pemilik motor Yamaha Jupiter MX Old (2006), ketika electric starter motor tersebut mulai bermasalah, sebenarnya wajar aja sih soalnya kan sudah berumur 15 tahun bekerja.

Masalah umum yang terjadi pada electric starter hampir semua motor sama masalhnya, terletak pada cool starter-nya (Arang) (Brush Set) yang biasanya habis, beli yang baru pasang selesai, tapi ngga melulu kudu beli yang baru cool starternya, ada faktor lain juga yang bisa menyebabkan dinamo starter ngga bekerja. 

Ini contohnya yang terjadi pada Jupie MX Old, ternyata setelah dibongkar dinamo starternya masalahnya hanya ruang brush set atau tempat cool starter tersebut kuotornya bukan main, banyak jelaga oli atau kotoran sisa dari gesekan-gesekan rotor dinamo. 

Baca Juga: Cegah Dinamo Extra Fan Toyota Calya 2018 Jebol

So,,, arus listrik yang kudunya mengalir sempurna jadi tersendat atau bahkan ngga ngalir sama sekali akhirnya dinamo ngga berputar. 

Khususnya pada Jupiter MX Old ini untuk mengeluarkan dinamo starter nya kudu extra sabar dan teliti, karena ruang nya sangat sempit, bahkan kudu melepaskan satu baut karburator pada intake (manifold) dan sebelahnya dikendurkan dengan tujuan agar karburator dapat kita miringkan supaya dinamo starter bisa dikeluarkan. 

Kunci yang di butuhkan untuk buka dinamo starter, Kunci T 8", Kunci Ring 8", obeng min kecil, kuas dan bensin secukupnya. 

Langkah pertama setelah cover body kita lepas; buka baut 8" dari sisi kiri (cover magnet), ada 2 baut yang mengikat dinamo. 

Langkah kedua ; lepas baut 8" pada intake karburator dan satunya lagi cukup dikendurkan saja, lanjut dengan mengendurkan baut klem karburator ke box filter.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X